Alifmundiadi's Blog
Blog yang menyediakan informasi tentang hewan

Baju Sang Jawara


Secara fisik, Bulu memang sama dari segi bentuk,tetapi kalau secara fisual, bulu memiliki nilai pesona tersendiri bagi ayam tersebut. Mungkin ada para penghobi ayam bangkok yang sangat fanatik dengan bulu, bahkan ada yang mengangap bahwa bulu mempengaruhi kualitas ayam. Namun itu semua dikembalikan ke individu masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis bulu ayam bangkok.

1. WIRING
Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer & berkelas adalah warna wiring. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher & ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis cenderung berwarna kuning keemasan disebut wiring kuning, sedangkan jika lbih cenderung berwarna merah tua kecoklatan disebut wiring galih.

2. WANGKAS
Beda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan warna rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut wangkas emas, namun jika warnanya lebih gelap kemerahan disebut wangkas geni.

3. KLAWU
Klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna abu-abu gelap/abu-abu kehitaman disebut klawu kethek. Dan jika warnanya abu-abu kemerahan disebut klawu geni.

4. BLOROK
Warna blorok adalah kondisi ketikabulu ayam berwarna totol-totol dan merupaka kumpulan dari berbagai warna. Warna blorok yang sederhana adalah hanya terdiri dari warna putih bertotol hitam & warna rawisnya adalah merah. Namun warna blorok akan istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap yaitu putih, hitam, merah, dan hijau dengan rawis berwarna putih kemerahan, warna tersebut disebut blorok madu.

5. JRAGEM
Warna ini adalah warna hitam, beserta rawisnya. Jika kulit tubuh, mata, paruh, serta sisiknya berwarna hitam semua disebut warna cemani. Untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini, warna ini terjadi apabila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam cemani atau ayam kampung.

6. JALI
Warna jali adalah warna blirik yang merupakan campuran warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Berbeda dengan warna blorok yg berpola totol, ayam bangkok jarang yang berwarna ini. Ada orang yang sangat memburu warna asli warna ini karena langka dan berkesan eksotis.

7. PUTIH
Ayam dianggap berbulu putih seta bila ayam bangkok memiliki warna putih semua baik warna dasar maupun warna rawis. Beberapa ayam jenis ini memiliki warna rawis berbeda namun warna dasarna sama yaitu putih.

Warna-warna diatas adalah warna utama. Dalam persilangan masing-masing warna memiliki varian beragam, sebagian orang mengangap warna sebagai standar kualitas. Warna wiring dan wangkas adalah yang paling berkelas dibandingkan dengan warna yang lain, namun semuanya tergantung dari pilihan anda masing-masing.

3 Tanggapan to “Baju Sang Jawara”

  1. makasih infonya..

    Yang mau mendownload Opera Mini versi 5.1 bisa klik link berikut download opera mini

  2. Kalo ayam hitam??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: